The Higher


Pencakar Langit

Pencakar langit atau skycrapper adalah istilah yang lazim dalam dunia arsitektur. Me-refer pada bangunan yang menjualng tinggi kelangit. Istilah ini muncul pertama kali pada akhir abad 19 di Amrik. Dilatari oleh bangunan-bangunan tinggi yang mendominasi lanskap kota New York. Awalnya istilah ini dipakai buat menyebut segala jenis bangunan yang menjulang tinggi. Tapi belakangan istilah ini diperuntukkan khusus bagi bangunan yang bisa dihuni atau dimanfaatkan buat berkegiatan. Dilatari oleh inovasi pada bidang konstruksi. Yaitu penemuan sistem rangka baja yang memungkinkan gedung tersusun atas puluhan lantai.

Saat ini tinggi minimum gedung agar bisa disebut pencakar langit adalah sekitar 244 meter (800 kaki) tapi saat ini di Amrik lagi dibahas kemungkinan syarat minimum tadi bakal dikurangi menjadi sekitar 153 meter(500 kaki).

Para petinggi itu

Tahun Gedung Lokasi Tinggi Status

1908 Singer Building New York 187 m diruntuhkan

1909 Met Life Tower New York 213 m Masih berdiri

1913 Woolworth BuildingNew York 241 m Masih berdiri

1930 40Wall Street New York 283 m Masih berdiri

1930 Chrysler Building New York 319 m Masih berdiri

1931 Empire State BuildingNew York 381 m Masih berdiri

1972 World Trade Center New York 417 m Hancur

1974 Sears Tower Chicago 442 m Masih berdiri

1998 Petronas Kuala Lumpur 452 m Masih berdiri

2004 Taipei 101 Taipei 448 m Masih berdiri

petronas-towers-1

Era Awal

Gedung pertama yang disebut pencakar langit adalah Home Insurance Building. Gedung 10 lantai yang terletak di kota Chicago dan dibangun pada tahun 1884. Hanya saja karena istilah ini mucul di Amrik, bangunan Grand Midland Hotel yang dibangun pada tahun 1873 di kota London dengan tinggi 82 meter (269 kaki) nggak mendapat sebutan pencakar langit. Termasuk pula gedung Shell Max House yang dibangun pada tahun berikutnya. Padahal gedung ini memiliki 12 lantai.

Pembangunan gedung pencakar langit pun mulai marak ketika New York world Building setinggi 20 lantai diresmikan pada tahun 1890. Meski begitu gedung pertama yang bener-bener layak disebut pencakar langit adalah Woolworth Building yang juga terletak di kota New York.

Era Pembatasan

Maraknya pembangunan gedung pencakar langit ternyata nggak berjalan mulus memasuki abad 20. Di kota London contohnya. Lantaran muncul komplain dari Ratu Victoria, tinggi gedung yang dibangun mendapat pembatasan. Ratu ternyat concern sama masalah estetika lingkungan serta keamanan. Ini berdampak pula ke seluruh Eropa.

Problem serupa terjadi pula di kota Chicago dengan munculnya undang-undang yang membatasi tinggi gedung maksimal hanya mempermasalahkan tinggi gedung, jadilah kota ini leader dalam hal gedung tertinggi di dunia dengan nama-nama kayak Empire State Building, Chrysler Building, Serta World Trade Center (udah runtuh ditabrak pesawat).

Era Persaingan

Ternyata aturan pembatasan tinggi gedung di kota London dan Chicago hanya bertahan sampai sekitar tahun 1930. Begitu aturan ini mulai melunak, pembangunannya pun makin marak. Bahkan Negara-negara eropa, Amerika Selatan, serta Asia ikutan pula.

Di eropa pembangunan gedung pecnkara langit dimulai selepas perang dunia ke-2. Dimulai dengan Uni Soviet membangun Stalin Towers di kota Moskow. Lantas diikuti oleh Spanyol yang membangunan gedung tingginya di Madrid.

Di Amrik, Chicago yang merasa tertinggal oleh New York mengeluarkan rencana membangun geudng setinggi 442 meter (1451 kaki). Rencana ini pun beneran terealisasi. Hasilnya adalah Seasrs Tower yang selama beberapa puluh tahun menggenggam predikat sebagai gedung tertinggi di dunia.

Yang jelas pamor Amrik sebagai rajanya gedung pencakar langit bakalan lewat. Pasalnya Negara-negara di Asia mulai bangkit. Dimulai lewat Malaysia yang membangun Petronas Towers dan diikuti Cina lewat Taipei 101-nya. Malah saat ini Emirat arab udah mulai mengerjakan fondasi Burj Dubai. Gedung yang katanya bakal jadi paling tinggi di dunia dengan perkiraan mencapai 700 hingga 950 meter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: